Banjir bandang dan longsor yang melanda Kabupaten Garut dipicu hujan deras sejak hari Selasa, 20 September 2016, sehingga menyebabkan debit Sungai Cimanuk dan Sungai Cikamuri naik secara cepat.  Hingga tanggal 26 September 2016,  31 orang meninggal dunia dan 20 orang masih dilaporkan hilang akibat bencana ini. Sekitar 1.000 orang terpaksa mengungsi karena rumah yang rusak parah akibat bencana banjir tersebut diungsikan ke 4 posko pengungsian di wilayah Bayongbong, Tarumanegara, Kodim 0611 Garut, dan Cimacan. (Data BPBD Jawa Barat 26 September 2016).

 

 

Krama Yudha Mitsubishi Group yang terdiri dari PT Krama Yudha (KY), PT Krama Yudha Berlian Motors (KTB), PT Krama Yudha Motors & Manufacturing (MKM) dan PT Krama Yudha Ratu Motor (KRM) turut berduka dan prihatin atas musibah yang menimpa masyarakat Garut ini. Oleh karena itu, sebagai bentuk kepedulian dan upaya untuk meringankan beban para korban bencana, Krama Yudha Mitsubishi Group melalui Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan bantuan dana sebesar Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) pada tanggal 18 Oktober 2016, yang ditujukan untuk membantu korban bencana banjir bandang di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

 

 

Bantuan ini secara simbolis diserahkan oleh Hisashi Ishimaki, sebagai Perwakilan Management Krama Yudha Mitsubishi Group, kepada Pelaksana Harian Ketua Umum PMI, Ginanjar Kartasasmita.

 

Dalam sambutannya Ginanjar Kartasasmita mengatakan bahwa dana  bantuan yang diberikan oleh KTB, akan difokuskan untuk memperbaiki Unit Transfusi Darah (UTD)  PMI di Kabupaten Garut, yang terkena bencana ini.  Dalam hal ini PMI merupakan satu – satunya yang memiliki kemampuan untuk mengelola dan menyalurkan darah, sehingga keberadaan UTD menjadi sangat penting.  Beliau juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Krama Yudha Mitsubishi Group.

 

Di kesempatan ini, Hisashi Ishimaki selaku perwakilan dari Krama Yudha Mitsubishi Group mengatakan bahwa donasi yang diberikan merupakan salah satu bentuk kepedulian dan rasa empati dari Krama Yudha Mitsubishi Group terhadap korban bencana di Kabupaten Garut.

 

Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat meringankan beban saudara – saudara kita yang terkena musibah, dan semoga masyarakat Garut cepat dapat bangkit dari bencana.